Kelas Akselerasi adalah Kelas Para Juara?

Kelas Akselerasi adalah Kelas Para Juara?

Kelas Akselerasi adalah Kelas Para Juara?

Armps.com – Hemmm… buah hati langganan jadi juara kelas nih? Semua orangtua pastinya bangga sekali kan jika memiliki seorang anak yang selalu mendapatkan ranking pertama di kelasnya. Hal tersebut yang kemudian menjadikan para orangtua berpikiran untuk lakukan sesuatu yang akan mengasah potensi bagi anaknya jadi lebih maksimal lagi, yakni dengan memasukkan dia ke kelas akselerasi. Harapannya adalah kelas akselerasi ini nantinya akan membantu anaknya jadi lebih unggul dari anak lain. Akan tetapi, apa benar seperti itu?

Kelas Akselerasi adalah Kelas Para Juara

Seputar tentang kelas akselerasi anak

Mungkin saja pengalaman Mala bisa jadi cermin bagi para orangtua. Sejak anaknya yang bernama Anton duduk di bangku sekolah dasar (SD) kelas 1, selalu jadi juara kelas. Dengan harapan anaknya jadi lebih unggul, Mala akhirnya memasukkan anaknya tersebut ke kelas akselerasi saat SMP (sekolah menengah pertama) akan tetapi ternyata dari hasil seleksi masuk, anaknya tidak bisa diterima masuk ke kelas akselerasi tersebut. Mala pun tidak terima dengan keputusan ini. Bagaimana mungkin anaknya yang pandai dan terbukti bisa raih juara selama di sekolah dasar tidak bisa diterima di kelas akselerasi tersebut? Bahkan Mala jauh lebih kecewa lagi saat mendengar teman anaknya tak pernah jadi juara kelas tersebut ternyata bisa diterima di kelas akselerasi.

Tidak bisa terima dengan kenyataan yang ada, Mala pun akhirnya mempertanyakan keputusan panitia, dan jawabannya adalah Anton tak bisa masuk ke kelas akselerasi dikarenakan dia tidak memenuhi persyaratan jadi siswa kelas akselerasi, yakni IQ di atas 130. Hasil tes IQ nya hanya berkisar sekitar 120. Nah, dari pengalaman Mala ini jelas sekali bahwasannya kelas akselerasi tersebut bukan satu-satunya cara untuk menjadikan anaknya jadi istimewa. Anak yang langganan juara kelas pun mungkin saja tidak mempunyai IQ di atas 130, yang menjadi syarat masuknya kelas tersebut, akan tetapi dia mungkin saja mempunyai ketekunan dan juga ketelitian yang lebih bila dibandingkan dengan teman-temannya, sehingga bisa selalu mendapatkan nilai yang bagus selama di sekolah.

dosenpendidikan.com Langganan juara kelas tidak otomatis menjadikan seorang anak layak untuk masuk kelas akselerasi ya bund. Jadi jangan menjadikan kelas akselerasi sebagai salah satu tujuan anak. Bukan tidak mungkin, ambisi Mala yang menginginkan anaknya masuk ke kelas akselerasi ini justru membuat anaknya merasa lebih tertekan. Terlebih lagi pihak sekolah juga sudah menyatakan dia tidak lolos seleksi masuk kelas tersebut. Kepercayaan dirinya sebagai anak yang pintar selama ini mungkin saja mendadak roboh dan menjadikannya mulai berpikir bahwasannya dia sebetulnya tidak kompeten.

Nah, itulah tadi sekilas informasi tentang kelas akselerasi adalah kelas para juara. Semoga saja bermanfaat.

Baca Juga:

Comments are closed.