Home Schooling Lebih Baik Dari Pendidikan Formal?

Home Schooling Lebih Baik Dari Pendidikan Formal?

Home Schooling Lebih Baik Dari Pendidikan Formal?

Arpms.com – Ada banyak orang yang ingin tentang home schooling diterapkan untuk anak – anaknya karena dinilai metode pendidikan home schooling dapat membuat anak lebih dekat dengan orang tuanya. Bahkan di lingkungan kota, pendidikan dengan metode home schooling banyak diterapkan. Dengan semakin banyaknya orang tua yang percaya dengan metode home schooling untuk anak – anaknya kemudian membuat banyak orang tua yang lain turut berpikir “bagus nggak sih pendidikan home schooling untuk anak dan kenapa banyak yang memilihnya?”

Bagi Anda yang mungkin turut tertarik untuk menyekolahkan anak Anda dengan metode home schooling akan tetapi masih ada sebersit keraguan didalam hati Anda, berikut kami akan berikan beberapa informasi tentang home schooling yang mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda apakah home schooling lebih baik dari sekolah formal. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Bedanya Home Schooling Dengan Sekolah Formal

Menjawab pertanyaan tentang apakah  home schooling lebih baik dibandingkan pendidikan formal, berikut kami berikan beberapa perbedaan yang mungkin akan membuka pikiran Anda tentang dua metode pendidikan yang berbeda yaitu pendidikan formal dengan home schooling, diantaranya :

  • Orang tua hanya membayar guru untuk melakukan satu hal yaitu menolong anak – anak belajar. Jadi guru dalam hal ini harus benar – benar mengupayakan keberhasilan pembelajaran anak – anak tersebut. Dan biasanya resep sukses home schooling adalah karena murid yang diajar hanya satu sehingga guru dapat fokus atas perkembangan satu anak tersebut. Dengan begini fokus guru tidak akan terpecah dan anak bisa lebih merasa dekat dengan guru yang kedekatan ini juga membuat anak tidak malu bertanya dan mengungkapkan pendapat pada guru.
  • Dalam metode pembelajaran home schooling ada andil orang tua didalamnya. Orang tua turut memantau sehingga perkembangan anak akan jadi jauh lebih maksimal. Dengan begini peran guru homeschooling juga tidak akan begitu berat.
  • Ada satu perbedaan yang mencolok dari homeschooling dan sekolah formal. Pada rumus simple present metode sekolah home schooling anak akan dibimbing sampai bisa. Tetapi pada sekolah formal anak – anak yang dibimbing ada banyak sementara ketika ada satu anak yang tidak bisa kemudian guru akan menghukum atau memberikan ranking rendah sehingga turut memicu penurunan kualitas pikiran anak yang bersangkutan. Bahkan anak yang mengalami hal tersebut tak jarang punya mental yang tidak tahan terhadap kondisi luar.
  • Pada sekolah – sekolah formal biasanya akan ada ancaman – ancaman pada muridnya. Seperti ancaman terhadap murid yang membolos, atau pada murid yang nilainya jelek. Ancaman – ancaman ini terkadang membuat anak berpikir “benarkah?” Sementara jika ancaman tersebut tidak benar – benar dilakukan akan ada anggapan “guru saja bisa berdusta, kenapa saya tidak?”

Demikian sedikit informasi yang Anda harus tahu tentang homeschooling dan sekolah formal. Semoga informasi diatas tentang Bedanya Home Schooling Dengan Sekolah Formal bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan :

Comments are closed.