Seharusnya Pancasila Masuk Kurikulum Sekolah

Seharusnya Pancasila Masuk Kurikulum Sekolah

Arpms.com – Saat ini peran Pancasila sangat penting bagi persatuan bangsa yang mulai memudar. Degradasi moral, munculnya paham radikalisme, ataupun mencuatnya ujaran kebencian antar masyarakat di media sosial dinilai rentan menjadi pemicu konfik horizontal dan terancam keutuhan NKRI.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI Tifatul Sembiring menyatakan, sangat mendukung sosialisasi Empat Pilar dan Nilai Penghayatan Ideologi negara ini masuk ke dalam kurikulum sekolah.

”Emosional yang menyebabkan kericuhan membuat persatuan bangsa semakin memudar. Oleh karena itu ada baiknya pengamalan dan penghayatan Pancasila dimasukkan ke dalam kurikulum agar permasalahan ini dapat diperbaiki,” ujar Tifatul dalam diskusi di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/3).

Meski demikian, mantan menteri komunikasi dan informatika ini mengaku memasukkan Sosialisasi Empat Pilar dan Penghayatan Pancasila tidaklah semudah yang dikira. Terlebih terkait anggaran yang tidak sedikit.

”Sosialisasi ini sudah bergulir sejak 2010, tetapi sudah 7 tahun berjalan persatuan bangsa masih terpecah seperti pada Pilkada DKI Jakarta. Jadi kami sadar hal ini tidak mudah tetapi harus tetap dikoordinasikan dengan kementerian terkait,” tuturnya.

Pembicara lainnya, Ketua Fraksi PKB di MPR RI Abdul Kadir Karding menilai dengan kekuatan Pancasila, walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai agama, suku bangsa, dan adat istiadat, Indonesia tetap satu.

”Pancasila adalah kalimatu sawa. Kalimat yang menyatukan jiwa kita sebagai bangsa Indonesia,” ucapnya.  Pemaparan lainnya juga disampaikan oleh www.pelajaransekolahonline.com/2016/07/sejarah-singkat-riwayat-nabi-muhammad-saw-hingga-wafat.html Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gozali. Ia memaparkan penyebab perpecahan bangsa Indonesia selain akibat dari hilangnya penghayatan akan Pancasila, juga  terjadi karena penyampaian pola komunikasi yang salah demi kepentingan politis semata.

”Ini akibat komunikasi yang dipelintir demi kepentingan politis semata, yang akibatnya kericuhan terjadi dimana-mana,” imbuh Effendi.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Seharusnya Pancasila Masuk Kurikulum Sekolah. Semoga bermanfaat

Baca juga artikel lainnya:

Comments are closed.