Guru Tak Teladan Pantas Diganjar Sanksi

Guru Tak Teladan Pantas Diganjar Sanksi

Arpms.com – Guru seharusnya menjadi panutan bagi siswa. Guru yang tak teladan dan disiplin, pantas diberikan sanksi tegas.

Misalnya para guru yang berhadapan dengan masalah hukum, narkoba, atau merokok di depan kelas. Tentu sikap guru seperti ini tidak bisa menjadi contoh positif.

Psikolog Anak dan Remaja Universitas Indonesia (UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo menilai, kualitas guru menjadi ujung tombak majunya pendidikan. Sanksi terberat pantas diberikan bagi guru yang tidak teladan.

“Sanksi apapun dapat diberikan yang pas untuk perilaku guru yang kurang pantas seperti ini,” tegas Vera.

Vera menegaskan jika seseorang sudah memilih profesi sebagai guru, maka dia harus sadar atas beban dan tanggung jawab di pundaknya. Menurutnya, beban seorang guru untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas bukan hal yang mudah. “Seseorang dengan profesi guru harus punya kesadaran bahwa guru itu digugu dan ditiru luar dalamnya,” ungkapnya. www.pelajaran.co.id/

Vera menilai tidak semua orang dapat menjadi guru dalam arti sebenarnya. Karena menjadi guru bukan suatu keterpaksaan melainkan sebuah pilihan. Profesi guru merupakan panggilan bagi mereka yang disebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Sebab kemajuan pendidikan bisa dimulai dengan terus meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru. Selain itu, adanya sistem yang menciptakan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan.

“Prinsip Education For All harus diwujudkan, termasuk anak berkebutuhan khusus dan anak-anak yang tinggal di daerah terpencil sekalipun,” tandasnya.

Baca Juga:

Comments are closed.